Breaking News

Pembagian Bantuan Cadangan Pangan Pemda Subang

 


Bupati Subang H. Ruhimat secara langsung membagikan bantuan cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) untuk warga Desa Pangarengan Kecamatan Legonkulon.Jum'at (20/12/2019).

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perternakan (DKPP) menyalurkan bantuan cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) untuk Desa Pangarengan Legonkulon. Penyaluran bantuan beras sebanyak 12,03 Ton bagi 1337 Jiwa.

Camat Legon Kulon Drs. Aet Rudiatna. M.Si Menyampaikan program penyaluran bantuan cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) ini merupakan program dari Provinsi Jawa Barat untuk mengatasi rawan nya kekeringan di akibatkan gagal tanam karena kemarau panjang di Wilayah Legonkulon Khususnya di Desa Pangarengan.

Sementara Plt Kepala DKP Subang, H. Hidayat berharap, penyaluran bantuan ini bisa membantu masyarakat di Desa Pangarenga. Ia juga menyampaikan terimakasihnya pada DKPP Provinsi Jabar serta Bulog yang sudah menyalurkan bantuan untuk Kab. Subang.

Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat Drs. Rusyandi M.Si menyampaikan bantua penyaluran ini akan terus kami lakukan untuk mengatasi masyarakat kekeringan di beberapa wilayah Jawa Barat. Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) memiliki peran strategis dalam penyediaan pangan untuk penanganan bencana, kerawanan pangan, kondisi darurat. Salah satu kelebihan CPPD adalah apabila terjadi bencana alam atau sosial dalam skala kecil dan bersifat lokal, pemerintah daerah dapat langsung menyalurkan bantuan kepada korban bencana.

Bupati Subang H. Ruhimat mengucapkan terimakasih pada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta DKPP Prov Jawa Barat mengenai bantuan yang diberikan pada masyarakat Subang, bantaun ke Desa Pangarengan menjadi yang terakhir disalurkan dari total 54,28 ton yang diberikan DKPP Prov Jawa Barat pada Tahun 2019 ini. Kedepan mengenai program ketahanan pangan saya menginstruksikan pada Dinas terkait untuk tetap terus menjaga ketahanan pangan diwilayah Kab. Subang. Saya pribadi juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Kepala Desa Pangarengan Atifah Noorlaela yang telah berjuang mementingkan warganya untuk terus membantu masyarakat desa untuk menjaga kemakmuran warganya.

Kabid Ketersedian dan Kerawanan Pangan Hj. Yeni nuraeni menuturkan Penyaluran Bantuan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah prov jabar untuk Kabupaten Subang Tahun 2019 sebanyak 54 ton utk 6.932 jiwa. Bantuan ini merupakan intervensi bantuan rentan pangan transien yang di sebabkan gagal tanam, sehingga diharapkan bisa membantu masyarakat. Untuk wilayah Desa Pangarengan Kecamatan Legonkulon mendapat bantuan 12 ton utk 1.337 jiwa, dimana 1 jiwa mendapat 9 kg beras.

Tahun 2019 Bantuan cadangan pangan pemerintah daerah (CPPD) wilayah Kabupaten Subang diantaranya desa Pamanukan sebrang Kec pamanukan sebanyak 11 Ton untuk 1,227 jiwa. Desa sukasari Kec. Sukasari sebanyak 6,37 Ton untuk 708 jiwa. Desa Ciasem Hilir Kec. Ciasem sebanyak 10,8 Ton untuk 1.200 jiwa. Desa Sukamelang Kec. Kasomalang sebanyak 8,1 ton utk 900 jiwa. Desa Talagasari Kec. Serangpanjang sebanyak 5,9 ton utk ,660 jiwa, serta terakhir yang baru disalurkan Desa Pangarengan 12.03 Ton untuk 1337 Jiwa